Mulai dengan Office 365

Untuk mendukung aktifitas Civitas Akademik Universitas Indonesia, DSTI menyediakan layanan Office 365 yang mencakup aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook dan Microsoft OneDrive. Tidak terbatas pada aplikasi yang telah disebutkan, lisensi Office 365 yang dimiliki DSTI juga mencakup layanan-layanan Microsoft lain yang populer seperti Microsoft Teams, Microsoft OneDrive (dengan kapasitas 1 TeraByte) dan lain-lain. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan layanan Office 365.

Langkah 1: Pendaftaran Akun Office 365 

Sebelum menggunakan layanan Office 365, kamu diwajibkan untuk melakukan proses pendaftaran. Pendaftaran Office 365 dapat dilakukan dengan mengklik form di link ini. Isi form sesuai dengan informasi yang diminta. Untuk informasi SSO UI, cukup memasukkan username tanpa diikuti @ui.ac.id. Bila berhasil melakukan pendaftaran, tunggu sekitar 5 menit untuk proses propagasi lisensi. Setelah itu, kamu sudah dapat mulai menggunakan Office 365. 

Langkah 2: Login ke Office 365 dan Menggunakan Aplikasi Desktop

Bila proses pendaftaran telah berhasil, kamu sudah mulai dapat menggunakan layanan Office 365. Hal ini dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Menggunakan aplikasi browser, buka halaman url https://office365.ui.ac.id
  2. akan muncul halaman login SSO UI 
  3. masukkan username akun UI (tanpa akhiran @ui.ac.id atau @office.ui.ac.id) 
  4. masukkan password akun UI Anda 

Menggunakan aplikasi desktop (Microsoft Office, Microsoft Teams, dll.) 

  1. pilih Sign-in di aplikasi 
  2. masukkan username akun UI Anda ditambah dengan akhiran @office.ui.ac.id (username@office.ui.ac.id) 
  3. aplikasi akan menampilkan halaman login SSO UI 
  4. masukkan username akun SSO UI kamu (tanpa akhiran @ui.ac.id atau @office.ui.ac.id) 
  5. masukkan password akun SSO UI kamu. 

Kendala Menggunakan Office 365

Bila mengalami kendala dalam mengakses layanan Office 365, kamu dapat meminta bantuan DSTI dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

  1. Kirim email ke support[at]ui.ac.id yang disertai dengan screenshot dari permasalahan yang dihadapi. Atau
  2. Kunjungan langsung ke Helpdesk DSTI di Gedung Perpustakaan lama Lt2 ITTC UI. Kampus UI Depok, Jam layanan senin s.d Jumat 08.00 s.d 16.00 WIB.