Operasional dan Layanan STI

Operasional dan Layanan IT merupakan salah satu aktifitas yang paling dirasakan oleh Civitas Akademik UI. Operasional dan layanan IT ditangani oleh salah satu unit di DSTI yang memiliki tugas untuk menyusun program kerja, anggaran dan rencana pengelolaan jaringan, perangkat keras dan perangkat lunak pendukung operasi IT di UI, bertanggung jawab atas efektivitas dan efisiensi keseluruhan manajemen dan operasi pusat data serta mengelola, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan operasional perangkat jaringan, perangkatn keras dan perangkat lunak serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan service desk.

Untuk menjalankan tugas, unit operasional dan layanan TI didukung oleh tiga spesialis, yaitu:

  1. Service Desk Specialist yang bertugas untuk melakukan pengelolaan service desk TI untuk menyelesaikan aduan permasalahan dan memberikan pelayanan TI sesuai dengan Portofolio Layanan dan SLA.
  2. Application & Data Operation Specialist yang bertugas untuk melakukan pengelolaan dan monitoring sistem informasi dan database sesuai dengan portofolio layanan TI dan SLA.
  3. Infrastruktur Operation Specialist yang bertugas untuk melakukan pengelolaan dan pengawasan operasional, fungsi dan kapasitas jaringan, fasilitas penunjang TI sesuai dengan SOP dan SLA.